Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

2023, Laba Bank Sumut Capai Rp740 Miliar

Direktur Utama PT Bank Sumut, Babay Parid Wazdi saat diwawancarai wartawan.suaratani.com-ika

SuaraTani.com – Medan| PT Bank Sumut membukukan laba sebesar Rp740 miliar di tahun 2023. Laba ini mengalami peningkatan 5,56% jika dibandingkan capaian laba di tahun 2022 yang tercatat sebesar Rp701 miliar.

“Bahkan laba ini juga melampaui target laba tahun 2023 yang ditetapkan di angka Rp736 miliar,” ujar Direktur Utama PT Bank Sumut, Babay Parid Wazdi, Rabu (24/1/2024). 

Tak hanya berkinerja positif di sektor laba, Bank Sumut yang merupakan bank milik pemerintah daerah ini disebutkan Babay juga menunjukkan kinerja yang positif di sektor kredit.

Hal ini terlihat dari capaian penyaluran kredit yang meningkat di setiap triwulan. Hingga di akhir tahun, total kredit yang disalurkan mencapai Rp29,4 triliun, naik 5,38% jika dibandingkan capaian di tahun 2023.

“Meski memang jika dilihat dari Rencana Bisnis Bank (RBB), capaiannya ada di angka 99,48%, karena kita itu targetkan di angka Rp29,8 triliun,” sebut Babay. 

Untuk total aset sendiri, hingga Desember 2023, Bank Sumut memiliki total aset senilai Rp44,4 triliun, naik 9,40% dibandingkan total aset di tahun 2022. 

“Sementara untuk Non Performing Loan atau NPL, Bank Sumut mampu menekan hinggga pada tutup buku, NPL atau kredit macet hanya sebesar 2,38%,” tambahnya. 

Untuk di tahun 2024, kata Babay melanjutkan, Bank Sumut akan menambah 11 kantor cabang baru di wilayah remote di Sumut.

Penambahan ini sesuai dengan hasil diskusi dengan kepala daerah selaku pemegang saham Bank Sumut.

Selain itu, Bank Sumut juga mendorong Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) terutama yang sudah berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) untuk meningkatkan kapasitas RSUD dengan memanfatkan kredit special sehingga bisa meningkatkan status.

“Dan kami juga akan mendorong pengembangan di sektor pariwisata terutama kuliner, sehingga kuliner khas Sumut bisa lebih dikenal lagi,” pungkasnya. *(ika)