Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Setelah Libur Natal, IHSG dan Rupiah hingga Emas Kompak Naik

Seorang warga menunjukkan uang kertas pecahan Rp75 ribu. Pada perdagangan hari ini, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menguat tajam.suaratani.com-ika

SuaraTani.com – Medan| Mata uang rupiah menguat sangat tajam pada perdagangan hari ini. Rupiah bahkan sempat menguat hingga menembus level 15.400, dikisaran angka 15.390 per dolar AS. 

Namun Rupiah tidak mampu bertahan lama di level terkuatnya, dan akhirnya hanya mampu ditutup menguat di level 15.425 per dolar AS.

Penguatan rupiah disebutkan Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, juga diikuti oleh penguatan indeks harga saham gabungan (IHSG) yang ditutup naik 0.12% di level 7.245,92. 

IHSG selama sesi perdagangan bahkan nyaris mendekati level 7.300, atau sempat ditransaksikan dikisaran 7.293. 

“Hanya saja seperti halnya dengan rupiah, IHSG juga tidak mampu bertahan di posisi terkuatnya dan terpaksa mengurangi keuntungannya pada sesi perdagangan kedua hingga penutupan,” sebut Gunawan di Medan, Rabu (27/12/2023).

Dan untuk harga emas, disebutkan Gunawan relatif stabil diperdagangkan di kisaran US$2.068,6 per ons troy pada sesi perdagangan hari ini. 

Harga emas terpantau bergerak sideways dengan kecenderungan menguat. Sentimen positif masih menaungi pasar keuangan hingga harga emas pada hari ini. Pasar masih yakin bahwa The FED akan menurunkan bunga acuan di tahun 2024 mendatang.

Penguatan pasar keuangan di tanah air setelah libur panjang Natal kemarin tidak terlepas dari membaiknya kinerja pasar keuangan di Asia. 

Namun sinyal kemungkinan pasar keuangan bergerak sideways pada perdagangan besok cukup terbuka. Hal ini bisa membuat pasar keuangan bergerak mendatar dengan kemungkinan koreksi tipis di perdagangan selanjutnya.

“Namun jika melihat kinerja pasar keuangan saat ini, baik Rupiah dan IHSG di tutup tahun 2023 diproyeksikan masih akan berpeluang untuk ditutup tidak jauh dari posisi saat ini. Pasar keuangan menjelang tahun masih dinaungi kabar baik, meksipun disisi lainnya juga tengah dihadapkan pda ketidakpastian yang cukup tinggi,” pungkasnya. *(ika)