Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Saham Goto dan Pelemahan Harga Minyak Picu Pelemahan IHSG

Seorang investor memperhatikan grafik pergerakan salah satu emiten di IHSG. Di perdagangan hari ini, IHSG ditutup melemah.suaratani.com-ika

SuaraTani.com – Medan| Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini bergerak melemah, dan ditutup turun 0.7% di level 7.075.34. 

Pelemahan IHSG pada perdagangan hari ini tidak terlepas dari memburuknya saham Goto yang juga anjlok 5% lebih, setelah Tiktok mengakuisisi Tokopedia dengan nilai US$1.5 miliar. 

“Pelemahan saham Goto ini saya nilai sebagai pemicu pelemahan IHSG,” ujar Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin di Medan, Rabu (13/12/2023).

Disisi lain, melemahnya harga minyak mentah dunia juga disebutkan Gunawan turut mendorong pelemahan emiten di pasar saham. 

Harga minyak mentah yang terpuruk akan menekan kinerja saham saham di sektor energi termasuk batubara. 

Harga minyak mentah saat ini ditransaksikan di level US$68.3 per barel, sementara batubara anjlok di bawah level US$146 per tonnya.

Diitambah lagi, investor pasar saham juga tengah menanti kebijakan Bank Snetra AS atau The FED yang akan menentukan besaran bunga acuannya, yang membuat IHSG mengalaami pelemahan dan sulit bangkit pada perdagangan hari ini. 

“IHSG selama sesi perdagangan ditransaksikan di zona merah, dan kian memburuk pelemahannya hingga sesi penutupan perdagangan.

Hal yang sama juga ditunjukan oleh kinerja mata uang rupiah, dimana rupiah melemah ke level 15.655 per dolar AS. 

Padahal pada hari ini kinerja imbal hasil US Treasury justru mengalami pelemahan di level 4.189% untuk tenor 10 tahun. Dan disisi lain kinerja USD Index juga reatif bergerak stabil selama sesi perdagangan hari ini.

Sementara itu, harga emas ditransaksikan stabil dan bertahan dikisaran level US$1.980 per ounce troy. Harga emas juga menanti arah kebijakan Bank Sentral AS atau The FED pada perdagangan besok. *(ika)