Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pasar Keuangan Menguat di Akhir Pekan, Harga Emas Bertahan Mahal

Grafik pergerakan IHSG. Di akhir pekan, IHSG masih mampu ditutup menguat di level 7.190,99.suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Medan| Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini ditutup menguat 0.21% di level 7.190,99 atau naik 14.97 poin. 

IHSG gagal bertahan di atas level 7.200, dimana IHSG bahkan mencapai level tertingginya di angka 7.215. 

IHSG kesulitan untuk menembus level psikologis tersebut, seiring dengan masih memburuknya kinerja sejumlah bursa di Asia. 

“elaku pasar saham masih membutuhkan beberapa konfirmasi data penting kedepan untuk melanjutkan tren penguatan,” ujar Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, di Medan, Jumat (15/12/2023).

Namun kabar buruk kembali menghantui perekonomian di tanah air. Data neraca perdagangan di tanah air menunjukan kinerja yang lebih rendah dari ekspektasi. 

Pada bulan November Indonesia mencatatkan surplus sebesar US$2.41 miliar, atau lebih rendah dibandingkan ekspektasi sebesar US$3 miliar. 

Tren pelemahan surplus neraca perdagangan ini diakui Gunawan memang tidak menekan kinerja IHSG sejauh ini. Namun sempat menekan kinerja mata uang rupiah, meskipun di sesi perdagangan penutupan rupiah mampu menguat tipis. 

Mata uang rupiah yang pada sesi perdagangan pagi sempat melemah hingga ke level 15.525, berbalik menguat di sesi perdagangan sore. 

Rupiah ditutup dilevel 15.490 per dolar AS seiring dengan memburuknya kinerja imbal hasil US Treasury.

Mata uang dolar AS juga tengah melemah terhadap sejumlah mata uang global belakangan ini. 

“Memburuknya USD Index pasca testimoni Bank Sentral AS yang saat ini berada di level 102, menjadi indikator kuat tekanan yang dialami dolar AS. Pelemahan dolar AS ini mendorong pemulihan kinerja mata uang rupiah,” sebut pria berkaca mata ini.

Dan bukan hanya mata uang rupiah yang diuntungkan, harga emas juga mengalami penguatan setelah testimoni Gubernur Bank Sentral AS. 

Harga emas pada perdagangan hari ini juga kembali mengalami kenaikan di level US$2.041 per ons troy. 

Harga emas sejauh ini masih mampu bertahan di atas level 1 juta per gramnya. Dan prospek harga emas masih sangat cerah jika berkaca kepada arah kebijakan moneter The FED. *(ika)