Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Jelang Libur Panjang, IHSG dan Rupiah Menguat

Seorang warga menunjukkan uang kertas rupiah. Di akhir pekan, pasar keuangan bertahan di teritori positif.suaratani.com-dok

SuaraTani.com – Medan| Kinerja pasar keuangan di akhir pekan berhasil bertahan di teritori positif setelah ditutup menguat 0.39% di level 7.237,52. Disisi lainnya, mata uang rupiah ditransaksikan menguat di level 15.480 per dolar AS. 

Kinerja pasar keuangan secara keseluruhan mengalami penguatan di akhir pekan seiring dengan membaiknya kinerja pasar keuangan di Asia.

Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, pasar keuangan dalam sepekan terakhir bergerak dalam rentang yang pendek, dan lebih dominan geraknya dimotori oleh faktor teknikal. 

Minimnya agenda ekonomi penting, ditambah dengan beberapa agenda ekonomi yang sesuai dengan ekspektasi, membuat pasar keuangan secara fundamental sulit untuk menguat lebih jauh.

Secara keseluruhan ada banyak agenda ekonomi yang merealisasikan angka di bawah ekspektasi. Namun beberapa data yang berpengaruh dan kinerjanya tidak sesuai ekspektasi justru menjadi kabar baik bagi pasar keuangan secara keseluruhan. 

“Disisi lain, libur panjang jelang Nataru juga turut membuat pasar keuangan bergerak kurang atraktif karena pelaku pasar banyak yang liburan,” kata Gunawan di Medan, Jumat (22/12/2023).

Sementara itu, harga emas ditransaksikan membaik sepanjang sesi perdagagan hari ini. Harga emas naik dan diperdagangkan menguat diatas level US$2.051 per ons troy nya. Jika dirupiahkan harga emas ditransaksikan di atas 1 juta per gramnya. 

Harga emas masih mampu bertahan di atas level psikologis 1 juta, yang mengindikasikan bahwa emas masih berpeluang naik dalam jangka pendek hingga menengah.

Menjelang tutup akhir tahun, ditengah minimnya hari perdagangan serta agenda yang sedikit. akan mendorong stagnasi kinerja pasar keuangan. 

“Kinerja pasar keuangan baru akan terlihat atraktif nantinya setelah libur tahun baru usai,” pungkasnya. *(ika)