Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

IHSG dan rupiah Masih Kompak Menguat, Harga Emas Bertahan Mahal

Grafik IHSG. Di perdagangan hari ini, IHSG mampu menembus level 7.300.suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Medan| Indeks harga saham gabungan (IHSG) berhasil mempertahankan kinerja positif selama sesi perdagangan hari ini.

Sepanjang perdagangan, IHSG sempat menembus level 7.300 meskipun selalu dibarengi dengan koreksi yang membuat IHSG kesulitan untuk menembus level psikologis tersebut. Namun pada akhirnya IHSG ditutup menguat 0.8% di level 7.303,89 pada perdagangan hari ini. 

“Dengan kenaikan IHSG yang cukup signifikan jelang tutup tahun ini, pada dasarnya membuka ruang bagi kemungkinan koreksi nantinya,” ujar Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, di Medan, Kamis (28/12/2023).

Sementara itu, mata uang rupiah ditransaksikan menguat selama sesi perdagangan hari ini. Rupiah bahkan sempat menguat hingga menyentuh level 15.370 per dolar AS. 

Seirama dengan IHSG, mata uang rupiah juga sulit untuk mempertahankan posisi terkuatnya di bawah level 15.400 per dolar AS. Mata uang rupiah pada hari ini ditutup menguat di level 15.415 per dolar AS.

Kinerja mata uang rupiah justru kerap mengalami tekanan jika mampu menembus level psikologis tersebut.

Disisi lain, lanjut Gunawan, harga emas ditransaksikan stabil dengan sedikit lebih rendah dibandingkan sesi pedagangan pagi. 

Harga emas ditransaksikan dikisaran level US$2.077 per ons troy di sesi perdagangan sore. Harga emas juga masih kesulitan untuk menembus level psikologis US$2.100.

Menguatnya kinerja psar keuangan maupun harga emas di akhir pekan ini sebenarnya tidak didukung oleh sejumlah agenda ekonomi penting. 

Jadi penguatannya ini lebih dimotori sikap optimis pasar akan kemungkinan kebijakan moneter yang lebih longgar di tahun depan, ditengah minimnya sentimen pasar. 

“Dan di penutupan perdagangan akhir tahun 2023 besok, kinerja pasar keuangan berpeluang bergerak volatile nantinya,” pungkasnya. *(ika)