Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Dorong Penguatan Stok Pangan dalam Negeri, Bapanas Jajaki Kerja Sama dengan Negara Sahabat

Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi, saat melakukan pertemuan dengan Duta Besar Republik Indonesia untuk India Ina Haginingtyas Khrisnamurthi di New Delhi Senin (18/12/2033).suaratani.com-ist

SuaraTani.com – India| Sebagai upaya memastikan ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga pangan di Indonesia, Badan Pangan Nasional (Bapanas) melakukan penjajakan kerja sama ke negara sahabat. 

Dalam rangkaian kunjungan kerja ke India selama 17-21 Desember 2023, Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi, melakukan pertemuan dengan Duta Besar Republik Indonesia untuk India, Ina Haginingtyas Khrisnamurthi di New Delhi Senin (18/12/2033).

"Dalam hal ini, Pemerintah Indonesia selalu berupaya memastikan ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga pangan untuk kepentingan dalam negeri dan trade balance. Tentunya ini memerlukan dukungan dari banyak pihak dan stakeholder, termasuk dukungan negara sahabat," ujar Arief dalam keterangan tertulis, Selasa (19/12/2023).

Kunjungan ini disebutkan Arief merupakan bagian dari upaya Indonesia untuk memastikan ketersediaan pangan yang ada di Indonesia berasal dari sumber yang terbaik dan tentunya harga yang kompetitif. 

Ini juga untuk optimalisasi kerja sama dengan berbagai pihak dalam penyediaan pangan dalam negeri.

"Kami ke India hari ini ingin melakukan penjajakan kembali. Kita ketahui bersama Pemerintah India masih menerapkan pembatasan perdagangan. Penguatan stok yang bersumber dari beras India akan terus kita proses. Di samping itu, kita juga dorong pemenuhan ketersediaan daging kerbau sebanyak 150.000 ton untuk kepentingan dalam negeri," kata Arief.

Dalam pertemuan, Duta Besar Republik Indonesia untuk India Ina Haginingtyas Khrisnamurthi, menyampaikan bahwa diperlukan adanya peningkatan investasi di Indonesia untuk mendorong pembangunan yang lebih baik. *(putri)