Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bupati Taput Buka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJDPD Kabupaten

Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan, membuka secara resmi Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJDPD) Kabupaten Tapanuli Utara dan Sosialisasi Memoar Legacy Akhir Masa Jabatan Bupati Tapanuli Utara Tahun 2014-2024, bertempat di Sopo Partungkoan Jumat, (22/12/2023).suaratani.com-ist

SuaraTani.com - Taput| Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan, membuka secara resmi Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJDPD) Kabupaten Tapanuli Utara dan Sosialisasi Memoar Legacy Akhir Masa Jabatan Bupati Tapanuli Utara Tahun 2014-2024, bertempat di Sopo Partungkoan Jumat, (22/12/2023).

Pada kesempatan itu,   Bupati Nikson didampingi Wakil Bupati  Sarlandy Hutabarat, didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Taput, Indra S.H Simaremare.
 
Turut hadir  Badan Pusat Statistik Kabupaten Taput yang diwakili oleh Dharman Purba, Kepala  Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara atau mewakili yang secara daring  Prof. Dr. Khasan Efendy  Spd. Mpd dan Dr. Marja Sinurat yang hadir secara daring sebagai narasumber.

Kemudian tim ahli dari Universitas Sumatera Utara (USU),  Dr.  Paidy  Hidayat  SE,  M.Si  bersama tim serta tim  ahli  dari  Badan  Riset  dan  Inovasi Nasional  (BRIN)  Dedy  Romulo Siagian Sp, Msc, P.hd,  Dr. Maurice Rogers SH, MH, berserta tim.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Nikson Nababan menyampaikan rancangan awal visi RPJPD Kabupaten Tapanuli Utara 2025-2045 yang ditawarkan kepada peserta forum tersebut.

Yakni Tapanuli Utara Maju, Berbudaya Dan Berkelanjutan” dengan misi antara lain Mewujudkan Tapanuli  Utara  yang  cerdas dan berdaya saing.

Mewujudkan  Tapanuli  Utara  yang  mandiri, produktif, inovatif berbasis agro industry, Mewujudkan  Tapanuli  Utara  yang transfaran, akuntable dan adaptif;

Mewujudkan  Tapanuli  Utara  yang berkarakter,  harmonis dan berkeadilan dan Mewujudkan Tapanuli Utara yang tangguh dan ramah lingkungan .

"Melalui visi dan misi yang telah dirumuskan  tersebut,  tentunya  sudah melalui proses penelahaan terhadap rancangan akhir Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN)
tahun 2025–2045 dan rancangan   awal   RPJPD   Provinsi   Sumatera Utara tahun 2025–2045 serta diskusi dengan beberapa pihak yang memiliki kepedulian dan komitmen yang tinggi untuk kemajuan Kabupaten Tapanuli Utara  tercinta ini di masa mendatang," ujar Bupati mengawali.

Selanjutnya Bupati Nikson menjelaskan bahwa dalam kerangka penyusunan rancangan awal RPJPD Kabupaten Tapanuli Utara tahun 2025 – 2045 ini, ada beberapa hal yang  menjadi perhatian kita semua.

Demikian beberapa hal yang perlu disampaikan, dan  berharap proses konsultasi publik dan proses lainnya dalam penyusunan rpjpd tahun 2025-2045 bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Sehingga target penetapan RPJPD bersama DPRD Kabupaten Tapanuli Utara  dapat diselesaikan  di  pertengahan  tahun   2024 sebelum  berakhirnya  periode  RPJPD Kabupaten Tapanuli Utara tahun 2005 – 2025.

"Selanjutnya kami juga menghimbau kepada seluruh masyrakat  dan kita semua yang hadir pada acara ini agar senantiasa menjaga ketenteraman dan situasi yang kondusif terutama dimasa tahun tahun politik sekarang ini," ujar Bupati mengakhiri.*(darwin nainggolan)