Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

BBKSDA Sumut. Kuburkan Bangkai Ikan Paus di Tapteng

Bangkai Paus Sperma yang ditemukan di Pantai Sindeas, Kabupaten Tapteng, Senin (25/12/2023).suaratani.com-ist

SuaraTani.com - Medan|Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara ( Sumut) menguburkan bangkai ikan paus sperma yang ditemukan terdampar di Pantai Sindeas, Kabupaten Tapanuli Tengah, Selasa (26/12/2023).

Penguburan bangkai ikan paus seberat 25 ton ini dilakukan dengan membuat kanal memanjang dan dalam, mengeruk tanah dan pasir. Kanal tersebut kemudian ditimbun dengan tanah dan pasir.

"Penguburan dengan cara ini dilakukan setelah upaya menarik bangkai paus yang mulai beraroma bau busuk dengan mengikatkan tali tambang belum berhasil," ujar Kepala Balai Besar,
Rudianto Saragih Napitu, dalam siaran pers yang diterima, Sabtu (30/12/2023).

Diketahui pada hari Senin tanggal 25 Desember 2023, Balai Besar KSDA Sumut melalui Kepala Resort Konservasi Pelabuhan Laut Sibolga dan Bandara Pinangsori, menerima informasi dari petugas Dinas Lingkungan Hidup,  bahwa warga dihebohkan temuan terdamparnya 1 individu Paus terdampar dan viral  melalui media sosial facebook pukul 13.23 Wib.

Paus jenis Paus Sperma itu diketahui berjenis kelamin jantan dengan ukuran panjang 16,5 meter dan  diameter berukuran 80. *(ika)