Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Awal Pekan, Kinerja IHSG dan Rupiah Kompak Melemah

Seorang investor memperhatikan pergerakan IHSG. Di awal perdagangan, IHSG mengalami tekanan dan ditutup melemah.suaratani.com-dok

SuaraTani.com – Medan| Indeks harga saham gabungan (IHSG) di awal pekan perdagangan ditutup melemah 0.99% atau turun 71.46 poin di level 7.119,53, dimana investor Asing membukukan transaksi beli bersih senilai Rp1.1 triliun. 

Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, kinerja pasar saham di bursa Asia juga banyak yang ditutup melemah. 

Minimnya rilis ekonomi pada hari ini membuat pasar saham lebih banyak dilanda aksi profit taking memanfaatkan penguatan sebelumnya.

Pada perdagangan besok, pasar saham juga belum mendapatkan gambaran arah yang jelas kemana IHSG akan bergerak natinya. 

“Akan tetapi jika melihat secara teknikal, IHSG berpeluang untuk bergerak dalam rentang 7.100 hingga 7.130 seiring dengan masih minimnya sentimen perdagangan pada esok hari. Faktor teknikal ini menjadi penggerak IHSG setidaknya hingga perayaan tahun baru usai nantinya,” sebut Gunawan di Medan, Senin (18/12/2023)..

Sementara itu, mata uang rupiah pada perdagangan hari ini juga ditutup di level 15.505 per dolar AS, setelah rupiah sempat melemah hingga menembus level 15.550 per dolar AS. 

Rupiah melemah meskipun dari sisi imbal hasil US Treasury juga melemah pada hari ini. Demand atau permintaan rupiah memang berpeluang meningkat menjelang tutup akhir tahun, yang mengakibatkan dolar AS kerap mengalami penguatan dan menekan kinerja mata uang rupiah. 

Secara fundamental, mata uang dolar AS pada dasarnya tidak memiliki dorongan untuk menguat lebih jauh seiring dengan rencana pemangkasan bunga acuan. 

Namun, kinerja mata uang rupiah tidak sepenuhnya akan tergantung dengan fluktuasi pada nilai tukar dolar AS dari sisi eksternal.

“Faktor fundamental dari tanah air juga akan menjadi penentu bagaimana kinerja mata uang rupiah nantinya. Dan sejauh ini, fundamental ekonomi masih mampu menyokong kinerja mata uang rupiah hingga tahun depan,” katanya. 

Di sisi lain, harga emas terpantau bergerak stabil dengan sedikit menguat di level US$2.023 per ons troy dibandingkan dengan kinerja harga emas pada sesi perdagangan pagi. *(ika)