Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Wamendag Jerry: Perdagangan Internasional Miliki Manfaat Besar Bagi Pelaku Pariwisata

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga memberikan kuliah umum dengan materi “Perdagangan Internasional dalam Industri Pariwisata: Peluang dan Tantangan” kepada mahasiswa Institut Amithya Surabaya yang berlangsung di Hotel Grand Darmo, Surabaya, Jumat (3/11/2023).suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Surabaya| Diplomasi perdagangan  internasional menjadi salah satu cara Kementerian Perdagangan untuk mengembangkan sektor jasa

Dengan  begitu, menurut Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga, sektor jasa Indonesia, termasuk pariwisata, akan memiliki akses pasar yang lebih luas di mancanegara.

“Dengan memanfaatkan hasil diplomasi perdagangan internasional, pelaku jasa pariwisata Indonesia dapat mengembangkan usahanya seperti hotel, katering, dan agen perjalanan di pasar yang lebih luas,” ungkap Wamendag saat hadir  sebagai  pembicara  dalam  kuliah umum diselenggarakan oleh Institut Amithya di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (3/11/2023).

Di lingkup ASEAN, lanjut Wamendag Jerry, terdapat Mutual Recognition Arrangement on Tourism Professionals (ASEAN MRA TP) untuk memfasilitasi mobilitas tenaga kerja professional dari sektor jasa pariwisata di  ASEAN.

Serta  meningkatkan kesetaraan sumber daya manusia  berdasarkan kompetensi  dan sertifikasi yang dimiliki.  

ASEAN MRA TP ditandatangani pada 30 Desember 2014 dan mencakup 32 jenis pekerjaan.

“Peluang bagi lulusan sekolah pariwisata sangat potensial. Nantinya para lulusan institut pariwisata dapat mencari informasi program magang dan pengembangan usaha di bidang pariwisata di negara lain dengan berkolaborasi bersama  46  perwakilan dagang Indonesia di seluruh dunia,” pungkas Wamendag Jerry. *(jasmin)