Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Stafsus Menteri Investasi: Generasi Muda Pegang Peran Integral dalam Mendukung Pembangunan IKN

Staf Khusus Peningkatan Pengusaha Nasional Kementerian Investasi/BKPM M. Pradana Indraputra, memberikan cendramata saat menghadiri Nusantara Youth Festival 2023.suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Jakarta| IKN Youth Forum menggagas acara Nusantara Youth Festival 2023 yang berlangsung di Gedung Kesenian, Kota Balikpapan Kalimantan Timur pada 5-8 November kemarin. 

Festival ini menjadi wadah bagi generasi muda nusantara untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan inspirasi. 

Dengan mengusung tema Eksplorasi Nusantara: Persatuan dalam Kebudayaan, diharapkan bisa menjadi sarana bagi generasi muda untuk andil dalam pembangunan IKN. 

Puluhan anak muda dari 10 provinsi turut berpartisipasi pada Nusantara Youth Festival tahun ini. 

Staf Khusus Peningkatan Pengusaha Nasional Kementerian Investasi/BKPM M. Pradana Indraputra yang turut hadir dalam Nusantara Youth Festival 2023 memberika apresiasi besar kepada IKN Youth Forum sebagai pencetus acara Nusantara Youth Fest 2023. 

“Langkah ini menjadi wujud sumbangsih kalian para calon pemimpin masa depan Indonesia, bahwa peran dan ide kalian sangatlah penting bagi perkembangan proyek Ibukota Nusantara (IKN). Karena kalian juga nantinya yang akan menghuni IKN di masa mendatang. Jadi tidak salah kalau pemuda harus mulai berperan aktif dari sekarang untuk menyumbangkan ide dan gagasannya,” ujar Pradana dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/11/2023).

Kegiatan yang digelar di kota minyak ini juga bertujuan untuk memperkenalkan Balikpapan sebagai kota penyangga atau mitra IKN. 

Founder IKN Youth Forum Agung Syahrir mengatakan, acara ini mencakup beberapa agenda kegiatan, mulai dari deklarasi sumpah pemuda, rembuk pemuda, dan kelas Nusantara yang dihadiri oleh narasumber kompeten. 

Selain itu terdapat ragam pertunjukan seni pameran budaya seperti tarian adat, pakaian adat, dan musik tradisional. 

“Dalam acara ini kami bukan bermaksud ingin menonjolkan satu budaya tertentu, tapi kami juga ingin menampilkan bahwa kebhinekaan Indonesia itu masih ada,” jelas Agung. 

Pembangunan IKN merupakan proyek strategis nasional yang akan mempengaruhi berbagai sektor. Salah satunya dunia usaha dan perekonomian. 

Dengan pusat pemerintahan yang baru, diharapkan juga muncul pertumbuhan ekonomi di berbagai wilayah. 

“IKN akan menjadi mercusuar perekonomian Indonesia yang baru. Tidak hanya soal ekonomi, pembangunan IKN juga bentuk keberpihakan pemerintah pada identitas Indonesia yang sesungguhnya, bukan hanya Pulau Jawa tapi seluruh pulau di Indonesia. Jadi IKN menjadi wujud komitmen memajukan seluruh negeri, bukan hanya satu wilayah.” ucap Dana. 

Pradana menekankan bahwa alasan pindah ibukota bukan hanya soal banjir atau kemacetan. Melainkan komitmen pemerintah terhadap pemerataan dan pembangunan terhadap seluruh daerah di Indonesia. 

“Masyarakat Indonesia di luar jawa juga berhak merasakan manfaat pembangunan, termasuk juga mengembangkan ekonomi lokal mereka sendiri. Sehingga harapannya IKN bisa menjadi paru-paru baru ekonomi yang dapat menghirup oksigen kesejahteraan dari seluruh pelosok negeri,” tutup Dana. *(ika)