Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Plt Bupati Langkat Terima Kunjungan Kadin Sumut dan PT Daya Lima Daya

Plt Bupati Langkat, Syah Afandin menerima plakat dari Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Sumatera Utara, di Ruang VIP Kantor Bupati Langkat, Rabu (8/11/2023).suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Langkat| Untuk membangun kerjasama sekaligus meningkatkan kesiapan para pemuda Langkat dalam menghadapi dunia kerja, Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) dan PT Daya Lima Daya berkunjung ke Kantor Bupati Langkat. 

"Selama 25 tahun berkiprah di Indonesia, PT Daya Lima Daya membantu para pencari kerja mulai dari merekrut, mengembangkan dan juga  mengakses perusahaan-perusahaan besar yang 85% merupakan perusahaan BUMN. Kebetulan kami salah satu perusahaan yang ditunjuk untuk menyeleksi sekaligus menyiapkan leaders untuk BUMN kedepannya," ujar Bussiness Development Division Head, Dadan Sukma, saat diterima Plt Bupati Langkat, Syah Afandin di Ruang VIP Kantor Bupati Langkat, Rabu (8/11/2023). 

Lebih lanjut dikatakan Dadan Sukma, salah satu visi yang belum mereka lakukan adalah memberikan bantuan kepada perusahaan kecil yang dimulai dari pendidikan. 

Menurutnya  pendidikan merupakan pintu awal dalam mencapai kesiapan calon pekerja dalam meyiapkan skill, kualitas SDMnya dalam menghadapi dunia pekerjaan. 

"Contohnya SMK. Sekarang ini yang dibutuhkan Pertamina untuk tenaga kerjanya adalah tamatan SMK. Untuk itu, sejak masih belajar di sekolah kami akan menyiapkan mereka. Khusus skill harus diberikan saat pendidikan, bukan saat masuk kerja. Kita juga mencoba suplai untuk pendidikan agar anak-anak tadi punya jiwa leadership. Jadi kita akan fokus apa yang didorong pemerintah untuk kedepannya, yaitu pertanian, pariwisata, insfratruktur dan keperawatan," ucap Dadan Sukma. 

"Kita juga akan merubah softskill yang masih lemah, karena softskill anak muda kita tergolong masih lemah. Ini yang akan kami tambahkan dalam mengedukasi," tambahnya. 

Sementara, Plt Bupati Langkat, Syah Afandin, meminta agar rekrutmen untuk tenaga kerja  tidak sebatas edukasi terhadap anak sekolah saja, melainkan untuk mereka yang sudah siap diluar sekolah. 

"Saya nggak melihat yang seperti kalian, saya menyambut baik dan kita perlu pematangan terhadap pihak yang terkait baik insfrastruktur, pariwisata maupun pertanian. Saya pikir sangat tepat di Langkat dan secara teknis bisa kita lanjuti. kalaupun ada MoU terkait itu saya suka lebih cepat lebih baik," ujar Afandin. 

Selain itu, Afandin juga mengapresiasi tawaran yang diberikan pihak PT Daya Lima Daya agar para pemuda di Langkat mempersiapkan diri, salah satunya mempunyai pendidikan, skill, sehingga layak menerima tawaran pekerjaan tersebut. 

"Semoga bisa terealisasi secepatnya karena ini sangat baik untuk para anak muda agar mereka mendapatkan pekerjaan yang layak sesuai skillnya," tambah Afandin. *(ika)