Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Mendag Zulkifli Ajak LDII Latih Anggotanya Wirausaha

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan menjadi narasumber pada pembekalan materi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) 2023 di Jakarta, Selasa (7/11/2023).suaratani.com-ist

 SuaraTani.com – Jakarta| Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan mengajak Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) untuk menanamkan semangat berwirausaha kepada para anggotanya.

Salah satu cara yang paling sederhana adalah dengan membuka warung kebutuhan sehari-hari atau kelontong.  

Ia melihat bahwa menjalankan warung dapat menjadi latihan berbisnis dan memiliki manfaat dalam pengembangan potensi bisnis. 

Mengajak anggota keluarga untuk terlibat  menjalankan warung juga menjadi cara membiasakan generasi muda agar aktif berniaga.

Hal tersebut disampaikan Mendag Zulkifli Hasan saat menjadi pembicara dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) LDII di Jakarta, Selasa (7/11/2023). 

“Saya ingin sekali mengajak LDII untuk mulai melatih keluarga berwirausaha. Makanya, kami ajak dalam program Kemendag untuk membuka warung. Bisa di masjid,sekolahan, lingkungan perumahan. Kita mulai dari warung dulu. Kenapa warung? Karena mengelola warung bisa memberikan ilmu yang bermanfaat sebagai bekal kehidupan,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Saat ini Kemendag disebutkannya memiliki program seribu warung yang mengajak masyarakat untuk mulai berwirausaha. 

Mendag Zulkifli Hasan berharap, dorongan pemerintah  ini mampu membuat masyarakat memiliki jiwa wirausaha. 

Ia juga berharap masyarakat yang mengelola warung-warung tersebut akan dapat mengembangkan kapasitas usaha mereka dan warung tumbuh menjadi lebih besar. 

“Berkembang lagi bisa jadi minimart, nanti bisa supermarket. Nantinya bisa ambil kredit usaha rakyat dengan bunga 6%, atau kalau pinjamnya kecil, bunganya bisa 3%,” jelas Mendag Zulkifli Hasan.

Setelah paparan Mendag Zulkifli Hasan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Kemendag dan LDII tentang Sinergi Pengembangan dan Pemberdayaan Ekonomi Umat. 

MoU tersebut ditandatangani Mendag Zulkifli Hasan dan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat LDII, Chriswanto Santoso.  

MoU tersebut melingkupi upaya sinergi dalam mengembangkan kemampuan berusaha dan akses jaringan pemasaran di dalam serta luar negeri. *(jasmin)