Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

IHSG Melemah Meski Asing Beli Bersih Rp898 Miliar

Grafik pergerakan emiten. Di perdagangan hari ini, IHSG terkoreksi sehingga turun 0,47%.suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Medan| Kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini masih belum mampu menembus level psikologis 7.000. 

Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, secara teknikal IHSG memang rawan dilanda aksi profit taking, disisi lain secara fundamental di pekan ini semuanya sudah tersaji dan diperkirakan belum ada yang bisa menekan kinerja pasar keuangan secara signifikan. 

IHSG yang terkoreksi sebanyak 33.10 poin atau turun 0.47% di level 6.961,79 merupakan koreksi pasar yang sehat.

“Disisi lain, sekalipun IHSG membukukan pelemahan pada perdagangan hari ini, namun, asing membukukan transaksi beli bersih senilai Rp898 miliar,” ujar Gunawan di Medan, Selasa (21/11/2023). 

Sementara itu, mata uang rupiah berkinerja cukup baik pada perdagangan hari ini meksipun data neraca pembayaran atau current account di kuartal ketiga tetap membukukan defisit.

Neraca pembayaran di tanah air tercatat minus US$0.9 miliar. Yang memang secara keseluruhan terjadi capital outflow pada pasar keuangan domestik di kuartal sebelumnya. 

Namun angkanya mengecil dibandingkan dengan kondisi pada kuartal kedua yang sebesar US$2.2 miliar. Yang diperkirakan pada kuartal keempat nanti akan membaik.

Mata uang rupiah pada perdagangan hari ini ditutup menguat tipis di level 15.435 per dolar AS. Rupiah sempat mengalami pelemahan hingga ke level 15.463 per dolar AS selama sesi perdagangan. 

Namun, Rupiah mampu mengurangi pelemahannya seiring dengan melemahnya imbal hasil US Treasury jelang FOMC minutes.

Disisi lain, harga emas ditransaksikan di level US$1.985 per ons troy, sekalipun harga emas lebih rendah dibandingkan dengan sesi pembukaan perdagangan. 

Namun harga emas terpantau tetap mengalami penguatan selama sesi perdagangan di Asia hari ini. *(ika)