Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

IHSG Ditutup Menguat Meski Diwarnai Aksi Jual Bersih Asing

Grafik pergerakan emiten. Di perdagangan hari imi, asing lakukan transaksi jual bersih senilai Rp307 miliar.suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Medan| Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup menguat 0.5% atau naik 34 poin di level 6.838,23. Meskipun menguat, asing justru melakukan transaksi jual bersih senilai Rp307 miliar. 

IHSG mampu membalikkan keadaan setelah sempat melemah di sesi perdagangan pagi. IHSG sempat ditransaksikan di level 6.794 sebelum akhirnya berbalik arah. 

Kinerja IHSG pada hari ini tak ubahnya dengan kinerja sejumlah pasar saham di Asia yang bergerak sideways.

Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, pada perdagangan besok, ada agenda penting lanjutan yang menjadi fokus pasar selanjutnya, dimana Gubernur Bank Sentral AS akan kembali berpidato. 

Sehingga memunculkan spekulasi bahwa The FED bisa saja memberikan gambaran kebijakan moneternya kedepan. Dan pidato Gubernur The FED tersebut akan memberikan dampak pada bursa di Asia terlebih dahulu.

“Jadi pasar saham pada perdagangan besok berpeuang sangat atraktif. Terlebih pada perdagangan sesi pertama. Walaupun belum bisa dipastikan kemana arah pergerakannya. Namun pasar saham dan rupiah bisa saja menguat jika pelaku pasar justru menterjemahkan pidato The FED sebagai sinyal dovish dalam kebijakan moneternya,” kata Gunawan di Medan, Kamis (9/11/2023).

Sementara untuk kinerja mata uang rupiah pada perdagangan hari ini disebutkan Gunawan kembali melemah di level 15.650 per dolar AS. 

Mata uang dolar AS terpantau mengalami penguatan seiring dengan memburuknya sentimen pasar di Asia. 

Deflasi di China serta kenaikan imbal hasil US Treasury selama sesi perdagangan membuat dolar AS cenderung menguat dan berbalik menekan rupiah.

“Pelaku pasar masih berspekulasi bahwa The FED mungkin saja bisa bersikap hawkish dalam pidatonya besok. Dan spekulasi tersebut meningkat selama sesi perdagangan yang berlangsung hari ini. Walaupun yang terjadi nanti belum tentu sepenuhnya seperti yang dikuatirkan oleh pelaku pasar pada hari ini. Sehingga jika menilai kinerja pasar saham besok, kemungkinan untuk bergerak di dua arah sama besarnya,” sebutnya. 

Tak hanya rupiah yang berbalik mengalami tekanan pada perdagangan hari ini. Harga emas dunia juga terpantau mengalami tekanan. 

Harga emas ditransaksikan di level US$1.948 per ons troy nya, melemah tipis dari posisi pagi yang berada dikisaran US$1.950 per ons troy. 

Dan besok akan sangat menentukan bagi harga emas, karena emas sangat erat kaitannya dengan fluktuasi mata uang dolar AS. *(ika)