Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Hydranation Gelar Gerakan Nasional Hidrasi Sehat dan Edukasi Pemilihan Air Minum Berkualitas

Dekan FKUI Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPd, K-GEH memberikan edukasi hidrasi sehat kepada masyarakat Berastagi. suaratani-ist

SuaraTani.com – BerastagiAir sebagai salah satu zat gizi makro esensial mempunyai fungsi yang sangat penting dalam berbagai proses pada tubuh manusia.

Di antaranya sebagai pembentuk sel dan cairan tubuh, sebagai pengatur suhu tubuh, sebagai pelarut.

Selain itu, sebagai pelumas dan bantalan, sebagai media transportasi, dan sebagai eliminasi sisa metabolisme.

Demikian dijelaskan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof. dr Ari Fahrial Syam.

Hal itu disampaikannya pada acara Hydranation: Gerakan Nasional Hidrasi Sehat, yang digelar di Berastagi, Kabupaton Karo, Sumatera Utara, 27 Oktober 2023.

Kegiatan itu merupakan rangkaian dari acara memperingati usianya yang ke-11 tahun, Indonesian Hydration Working Group (IHWG) FKUI.

Gerakan Nasional Hidrasi Sehat itu dilakukan melalui kegiatan pengabdian masyarakat.

Dengan tujuan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga hidrasi sehat melalui air minum yang berkualitas dan pemenuhan gizi seimbang.

"Karena itu kita harus memperhatikan kecukupan konsumsi air minum dalam setiap kesempatan setiap hari,” kata Prof dr Ari Fahrial Syam.

Dijelaskannya, kekurangan asupan air minum akan berakibat pada terjadinya dehidrasi jangka pendek. Dan, hal itu akan mengakibatkan mulut kering dan haus, lemah, pusing.

Selain itu juga mengganggu mood dan konsentrasi, suhu tubuh  dan jantung berdebar. 

“Apabila dehidrasi itu berlangsung terus dalam jangka panjang akan berpotensi pada gangguan yang lebih serius. Seperti penyakit ginjal kronis, infeksi saluran kemih, penyakit jantung, obesitas (kegemukan), kanker, dan diabetes,” jelas Prof dr Ari Fahrial Syam.

Diketahui, IHWG FKUI merupakan salah satu klaster riset di dalam lingkup FKUI yang memiliki kepedulian utama pada hidrasi dan kesehatan. 

Dalam perjalanannya sejak 11 tahun lalu, IHWG selalu mengedepankan visi sebagai klaster riset yang meningkatkan ilmu pengetahuan.

Terutama tentang hidrasi (advancing in hydration science) dan membagikan pengetahuan terkait hidrasi dan kesehatan (sharing in hydration knowledge). 

Pentingnya Kualitas Air 

Hydranation “Gerakan Nasional Hidrasi Sehat” 2023 merupakan kerjasama IHWG FKUI dan Danone-AQUA serta Fakultas Kedokteran Universitas Sumatra Utara (FK USU).

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang hidrasi sehat serta cara pemilihan air minum yang berkualitas dan juga gizi seimbang.

Ketua IHWG FKUI Dr dr Diana Sunardi, MGizi, SpGK menekankan, tidak hanya kuantitas yang perlu dicukupi tetapi kualitas air yang diminum juga penting untuk diperhatikan. 

“Hasil penelitian IHWG FKUI mencatat, banyak penduduk Indonesia—dewasa maupun anak-anak—masih kurang minum,” ujarnya. 

Itu sebabnya kata dr Diana, perlu edukasi terus menerus untuk mengingatkan pentingnya konsumsi air dalam jumlah yang cukup. Disesuaikan dengan usia dan aktivitas agar tubuh dapat berfungsi secara optimal. 

“Pada umumnya kita perlu minum 8 gelas atau dua liter air minum setiap harinya. Nah, sekarang yang tidak kalah penting juga memperhatikan kualitas air minum yang dikonsumsi,” jelasnya. 

Air minum yang baik dan berkualitas menurut dr Diana adalah air yang tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna. Selain itu, air harus bebas dari cemaran dan kontaminan. 

“Karena itu dalam menjalankan aktivitas apapun dalam keseharian, tubuh kita memerlukan asupan cairan dengan jumlah yang cukup serta memperhatikan kualitas airnya,” kata dr Diana.

Jaga Keberlanjutan Ekosistem Sumber Air

Hydration Science Consultant Danone-AQUA, dr Tria Rosemiarti, Dipl in Nutrition menjelaskan, air minum yang berkualitas harus berasal dari sumber yang terpilih, terlindungi dan terjaga kemurniannya. 

Karena itu, diperlukan berbagai upaya untuk menjaga keberlanjutan ekosistem di sekitar sumber air. Termasuk memberdayakan komunitas di sekitarnya agar kualitasnya selalu terjaga.

“AQUA berasal dari sumber mata air pegunungan seperti yang diproduksi Pabrik AQUA Berastagi, terletak di kaki Gunung Sibayak. Ini telah memenuhi syarat sebagai air minum berkualitas dan dapat dikonsumsi secara berkala,” terang  dr Tria.  

Pada acara tersebut, masyarakat yang hadir  berkesempatan berkonsultasi dengan dan para ahli mengenai hidrasi sehat dan gizi seimbang.

Di samping berbagai langkah praktis yang perlu mereka lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Acara ini turut dihadiri Dekan FK USU Prof Dr dr Aldy Safruddin Rambe, SpS(K), Guru Besar Ilmu Gizi Klinik, Prof Dr dr Dina Keumala MGizi, SpGK, beserta tim dari FKUSU.

Hadir juga Ketua dan Pengurus IHWG, Camat Berastagi, Camat Dolat Rakyat, Camat Merdeka, perwakilan Bappeda, dan sejumlah anggota masyarakat Berastagi. * (junita siaturi)