Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Awal Pekan Perdagangan, Pasar Keuangan Berpeluang Bergerak di Zona Hijau

Grafik pergerakan emiten. Di perdagangan awal pekan ini, pasar keuangan diproyeksikan bergerak di zona positif.suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Medan| Indeks harga saham gabungan (IHSG) di awal perdagangan pekan ini berpeluang ditransaksikan di zona hijau. 

IHSG pada perdagangan Senin (6//11/2023) dibuka menguat di level  6.816,27, dan berpeluang bergerak dalam rentang 6.770 hingga 6.850. 

Namun pelaku pasar tetap harus mewaspadai sejumlah agenda politik di tanah air yang bisa saja merubah pergerakan pasar.  Atau rilis data pertumbuhan ekonomi yang bisa saja diluar ekspektasi sebelumnya.

Analis Keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, pada hari ini Badan Pusat Statistik (BPS) akan merilis laju pertumbuhan ekonomi di kuartal ketiga. 

Baik secara kuartalan maupun tahunan, pertumbuhan ekonomi di tanah air diproyeksikan akan mengalami perlambatan. 

“Secara kuartalan akan tumbuh di bawah 2%, sementara secara tahunan masih akan mampu di kisaran 5%. Ekonomi di tanah air diproyeksikan cukup stabil hingga penutupan tahun 2023 ini atau setidaknya hingga kuartal pertama tahun 2024 mendatang,” sebut Gunawan di Medan.

Sementara itu, lanjut Gunawan, kalau melihat rilis data ketenagkerjaan AS yang memburuk, pada dasarnya kinerja mata uang rupiah diproyeksikan menguat pada hari ini. 

Report data ketenaga kerjaan AS yang dicerminkan dari non farm payroll naik 150.000. Namun dibawah ekspektasi pasar, dan jauh dibawah rilis data yang sama di bulan sebelumnya (September) sebesar  297 ribu. 

Menggiring tingkat pengangguran AS naik menjadi 3.9% dibandingkan dengan bulan sebelumnya (3.8%).

Rupiah di sesi perdagangan pagi ini sudah berada dikisaran 15.500-an per dolar AS. Rupiah berpeluang untuk bergerak dikisaran tersebut hingga penutupan perdagangan hari ini.

“Kinerja dolar AS sendiri mendapatkan tekanan besar seiring dengan melemahnya ekspektasi kenaikan bunga acuan setelah rilis data ketenaga kerjaan AS,” lanjutnya. 

Harga emas juga diuntungkan dengan memburuknya data ketenaga kerjaan AS, dimana emas sangat berpeluang menembus level US$2.000 per ons troy. 

Harga emas sejauh ini ditransaksikan dikisaran level $1.991 per ons troy nya. *(ika)