Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Afandin Apresiasi Pelatihan Pelaku IKM

Plt Bupati Langkat,  Syah Afandin, secara simbolis menyerahkan bantuan peralatan kepada pelaku UKM, Selasa (21/11/2023).suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Langkat| Sebanyak 280 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dari beberapa kecamatan mendapat pelatihan dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Pemkab Langkat. 

Selain mendapat pelatihan, mereka juga mendapat bantuan berupa peralatan pendukung untuk mengelola industri tersebut. 

Ketua Panitia yang juga Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Ikhlas Aprija, mengatakan, bantuan berupa peralatan pendukung industri diberikan kepada 280 peserta.

Terdiri dari 100 untuk pengrajin lidi sawit, 100 untuk pembuatan tape, 60 untuk pembuatan makanan berbahan dasar daun kelor dan 20 untuk pengrajin ekoprint dari bahan ramah lingkungan. 

"Ini komitmen kami memberi bahan bantuan yang ramah lingkungan. Kegiatan ini dimulai awal Desember hingga akhir Desember 2023. Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk pelaku IKM sekaligus bisa mengembangkan industri yang mereka lakoni hingga menjadi industri besar. Selain meminta arahan dan bimbingan, kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Plt Bupati Langkat atas terselenggaranya kegiatan ini," kata Ikhsan Aprija saat membuka kegiatan Program Perencanaan dan Pembangunan Industri kepada pelaku IKM yang dilaksanakan di Sentra IKM Sei Karang, Stabat, Selasa (21/11/2023). 

Sementara, Plt Bupati Langkat,  Syah Afandin, mengatakan, meski baru 3 bulan menjabat sebagai Kadis Perdagangan dan Perindustrian, namun Ikhlas Aprija sudah mampu berbuat yang manfaatnya sangat besar untuk masyarakat Kabupaten Langkat. 

"Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah kepada pelaku IKM di Kabupaten Langkat. Kita doakan semoga ke depan lebih banyak lagi bantuan yang kita berikan untuk masyarakat," kata Afandin. 

Selama 2 tahun menjabat Plt Bupati, kata Afandin, banyak anggaran yang dialihkan untuk membantu masyarakat terutama pelaku industri menengah. 

“Kalau IKM berkembang tentu akan menyelamatkan masyarakat banyak karena lebih banyak lagi membutuhkan tenaga kerja," tambahnya. 

Pada kesempatan itu Afandin tak lupa mengapresiasi kinerja Kadis Perdagangan dan Perindustrian dengan program-program yang cemerlang. 

“Saya berharap selesai acara ini bukan hanya menerima bantuan tetapi membawa ilmu yang bisa disebar luaskan ke masyarakat. Terima kasih atas perhatiannya, semoga kegiatan ini diridhoi Allah SWT dan bermanfaat untuk kita semua," kata Afandin berharap. *(ika)