Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

200 Tagana dan Karang Taruna se- Kabupaten Langkat Ikuti Pendidikan dan Pelatihan Tanggap Siaga Bencana

Plt Bupati Langkat dan Kadis Sosial menyerahkan bantuan kursi roda kepada penyandang disabilitas.Penyerahan bantuan dilakukan di sela kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Tanggap Siaga Bencana yang digelar 5-6 November 2023.suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Langkat| Dinas Sosial Pemkab Langkat menggelar Pendidikan dan Pelatihan Tanggap Siaga Bencana sekaligus memberikan bantuan kepada  para lansia dan penyandang disabilitas di Bumi Perkemahan Kwarcab Langkat, Senin (6/11/2023). 

Kegiatan yang dihadiri Plt Bupati Langkat, Syah Afandin,  itu diikuti sekitar 200 peserta dari Tagana dan Karang Taruna se-Kabupaten Langkat. 

"Untuk mengurangi resiko yang ditimbulkan, di sini peran serta masyarakat sangat dibutuhkan. Intinya, masyarakat menjadi garda terdepan sebagai relawan dalam membantu dan menginformasikan terkait terjadinya bencana," ujar Afandin dan mengaku bangga atas kepedulian dan tanggung jawab sosial  masyarakat Langkat pada kegiatan yang digelar Dinas Sosial tersebut. 

Rasa bangga Afandin dibuktikan dengan tersebarnya taruna siaga bencana lengkap di setiap kecamatan di Kabupaten Langkat. 

"Saya bangga karena peserta yang ikut bukan hanya dari relawan Tagana, melainkan dari  karang taruna," tambah Afandin sembari berharap kegiatan ini selain bermanfaat juga menjadi ajang silaturahmi untuk saling bertukar informasi serta meningkatkan pembelajaran sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas yang mulia dalam menghadapi kondisi alam dan sosial yang merupakan takdir Allah SWT. 

"Saya juga mengharapkan agar sinergitas penanggulangan dan penanganan bencana ini tetap terjalin dengan baik antara pemerintah pusat, daerah dan masyarakat. Pesan saya kepada kalian agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan ini agar  pengetahuan maupun wawasan kalian semakin bertambah dan dapat dimanfaatkan dalam pelaksanaan tugas kedepannya," sambungnya. 

Sementara, Kadis Sosial Pemkab Langkat, Taufik Rieza, dalam laporannya mengatakan, kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Tanggap Siaga Bencana ini digelar selama 2 hari, 5-6 November 2023 yang diikuti 200 peserta dari Tagana dan Karang Taruna se-Kabupaten Langkat. 

"Di sela-sela kegiatan ini kita juga memberikan bantuan untuk para lansia dan penyandang disabilitas," kata Taufik Rieza. 

Adapun bantuan yang diberikan berupa program permakanan untuk 100 lansia dan penyandang  disabilitas, bantuan sandang untuk 180 kaum disabilitas dan 30 alat bantu (kursi roda) bagi penyandang disabilitas. 

"Terimakasih atas kehadiran dan bimbingan serta arahan dari Bapak Plt Bupati Langkat, H Syah Afandin SH hingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik. Begitu juga kepada seluruh peserta Pendidikan dan Pelatihan Tanggap Siaga Bencana, saya ucapan terimakasih," ucap Taufik Rieza. *(ika)