Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Satika Simamora Serahkan Bantuan Benang Tenun ke 757 Pengrajin Tenun se-Taput

Ketua Dekranasda Taput, Satika Simamora berfoto bersama perempuan penenun dari 5 kecamatan di Taput yang menerima bantuan benang, Senin (30/10/2023).suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Taput| Ketua Dekranasda Tapanuli Utara (Taput), Satika Simamora, menyerahkan bantuan benang tenun kepada 757 pengerajin tenun se-Tapanuli Utara, bertempat di Gedung Sopo Partukkoan, Tarutung, Senin (30/10/2023).

Penyerahan bantuan benang ini dilakukan secara bertahap selama 3 hari dari tanggal 30 Oktober s/d 1 November 2023.

Di hari pertama, bantuan benang tenun diberikan kepada 334 orang petenun yang berasal dari 5 kecamatan, yaitu Kecamatan Tarutung, Siborongborong, Adiankoting, Pahae Julu,serta Sipahutar.

Dalam sambutannya, Satika Simamora menyampaikan, agar talenta yang diberikan sebaik baiknya.

"Buatlah talenta yang Tuhan beri itu bermanfaat bagi banyak orang," ujar Satika yang pada kegiatan itu didampingi Kadis Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Taput, Gibson Siregar.

Satika juga menyampaikan, tahun ini sudah memasuki tahun politik, akan banyak hal hal yang tidak pernah kita duga akan terjadi, untuk itu kita harus hati hati.

"Saran saya, hati-hati, jangan lagi terulang peristiwa seperti tahun 2018 yang lalu, antara sesama keluarga tidak akur. Kalau kita tidak senang sama seaeorang lebih baik kita diam, lebih baik masuk ke kamarmu untuk berdoa, agar hatimu damai. Lebih baik kita diam karena diam itu emas. Bicara seperlunya, jauhkanlah perkataan yang menghujat. Saya percaya Tapanuli Utara ini akan mengambil bagian di negara ini menjadi hati yang baik, berpolitik yang baik, berpolitik yang saling mengasihi karena kita semua nersaudara," saran Satika sambil menutup arahannya.

Mewakili masyarakat penerima bantuan benang tenun, Op.Artur Pasaribu, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dibawah kepemimpinan Nikson Nababan yang telah memberikan perhatian dan kepeduliannya kepada masyarakat. Kami merasakan setelah bapak Bupati Nikson Nababan memimpin Taput ini, semua kecamatan mengecap pembangunan hotmix sampai ke pedesaan," ujar Op. Artur yang merupakan warga Kecamatan Adiankoting ini.

Pada kesempatan sebelumnya, Sekretaris  Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Taput, Maria Naibaho, melaporkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memulihkan perekonomi pelaku UMKM.

Serta mendukung  pemberdayaan kemandirian dan kewirausahaan  ekonomi masyarakat,khususnya pelaku UMKM.

"Kita berharap melalui kegiatan ini  para para pelaku UMKM di tapanuli utara semangat berusaha dan memahami apa upaya yang telah diberikan pemerintah untuk mendukung UMKM,karna UMKM merupakan penopang perekonomian di Tapanuli Utara," ujar Maria.

Di hari kedua pada Selasa (31/10/2023), pembagian  benang tenun akan dilaksanakan pembagian benang untuk 313 perajin tenun yang berasal dari 3 kecamatan, yaitu Siatas barita, Sipoholon dan Simangumban.*(darwin nainggolan)