Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PL-KUMKM 2023 Selesai, Kepala BPS Sumut: Saat Ini Proses Validasi Data

Kepala BPS Sumut, Nurul Hasanudin saat membuka Workshop Indikator Strategis untuk Insan Pers, di JW Marriot Hotel, Selasa (24/10/2023).suaratani.com-ika

SuaraTani.com - Medan|Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sudah menyelesaikan pendataan lengkap koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah (PL-UMKM).

"Saat ini data yang kita peroleh itu masih diolah," ujar Kepala BPS Sumut, Nurul Hasanudin, seusai membuka Workshop Indikator Strategis untuk Insan Pers, Selasa (24/10/2023).

Pejabat yang lebih akrab disapa Hasan ini mengatakan, saat pendataan, petugas yang direkrut tidak mengalami penolakan.

Ini menurutnya menunjukkan bahwa pelaku UMKM mau pun koperasi merasakan manfaat pendataan.

"Karena hasil pendataan ini memudahkan mereka untuk mendapatkan bantuan," sebutnya didampingi Ketua Panitia, Fransisca Wenny.

Lokasi pendataan PL-KUMKM 2023 di Sumut dilakukan di 19 kabupaten/kota.

Kegiatan pendataan itu melibatkan 3.178 petugas yang direkrut dari warga setempat ditambah seluruh aparatur sipil negara (ASN) setempat yang terkait.

Program Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM 2023 untuk kepentingan para koperasi dan UMKM.

Para UMKM yang tidak terdata, maka tidak masuk dalam "database" sehingga tentunya tidak terjangkau dalam kebijakan pemerintah menyangkut koperasi dan UMKM.

Pendataan dimulai pada 15 September hingga 14 Oktober 2023 dengan metode door-to-door dengan moda pendataan CAPI (Computer Assisted Personal Interviewing). *(ika)