Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pertemuan Bilateral Indonesia—Kerajaan Arab Saudi Dorong Peningkatan Hubungan Kedua Negara

Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan mendampingi Presiden RI, Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Kerajaan Arab Saudi, Mohammed bin Salman di Riyadh, Arab Saudi, Kamis (19/10/2023).suaratani.com-ist

SuaraTani.com - Riyadh| Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan mendampingi Presiden RI Joko Widodo dalam pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Kerajaan Arab SaudiMohammed bin Salmandi Riyadh, Arab Saudi, Kamis (19/10/2023).

Mendag Zulkifli Hasan menyampaikan, pertemuan tersebutmembahas peningkatan hubungan kerja sama kedua negara di berbagai bidang.

“Pertemuan berjalan sangat baik dan positif. Bahkan, beberapa usulan dari Presiden Jokowi direspons dengan cepat.

Antara lain terkait kerja sama di bidang perdagangan, investasi, dan penambahan jumlah kuota haji,” ujar Mendag Zulkifli Hasan.

Menurut Mendag Zulkifli Hasan, salah satu yang dibahas dalam pertemuan ini adalah mengenai pembentukan tim perundingan Indonesia–Saudi Arabia Comprehensive Economic Partnership Agreement (ISA –CEPA).

Nantinya, ISA-CEPA akan menjadi kerangka dasar untuk mewujudkan neraca perdagangan bilateral yang lebih seimbang.

“Selain itu, Indonesia mendorong percepatan perundingan Indonesia –Gulf Cooperation Council (GCC)Economic Partnership Agreementagar dapat dimulai pada akhir tahun ini. Sejumlah upaya telah dilakukan, Indonesia telah mengirimkan draf kerangka acuan (terms of reference/TOR), joint statement, usulan tanggal dan rundownpeluncuran IGCC –EPA, namun peluncuran perundingan masih tertunda,” tambah Mendag Zulkifli.

Total perdagangan Indonesia-Arab Saudi pada periode Januari-Agustus 2023 tercatat sebesar US$3,80 miliar.

Dari nilai tersebut, ekspor Indonesia ke Arab Saudi sebesar US$1,39 miliar. Sedangkan, impor Indonesia dari Arab Saudi sebesar US$2,41 miliar.

Arab Saudimerupakan pasar terbesar di kawasan Timur Tengah dan Gulf Cooperation Council (Dewan Kerja Sama untuk Negara Arab di Kawasan Teluk).

Arab Saudi merupakan tujuan ekspor ke-23 dan negara ke-10 sebagai sumber impor bagi Indonesia. *(jasmin)