Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bupati Taput Resmi Buka Situmandi National Open Rafting Competition 2023

Bupati Nikson mengangkat bendera start sebagai pertanda membuka secara resmi pertandingan arung jeram di Hasak Kelurahan Partali Toruan, Tarutung, Jumat (6/10/2023).suaratani.com-ist

SuaraTani.com-Taput| Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan, membuka secara resmi kegiatan Arung Jeram “Situmandi National Open Rafting Competition Piala Bupati Tapanuli Utara Tahun 2023” bertempat di Hasak Kelurahan Partali Toruan Kecamatan Tarutung, Jumat (6/10/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Nikson Nababan, menyebutkan bahwa sebagai pimpinan daerah, ia harus mendukung serta harus mengakomodir kegiatan masyarakat.

Termasuk kegiatan komunitas dan organisasi sejauh itu hal yang positif dan berdampak yang baik bagi masyarakat.

Kejuaraan arung jeram ini, kata Bupati Nikson, sudah dimulai sejak 4 tahun yang lalu, dan difasilitasi berupa alat-alat arung jeram yang bagus.

“Dan saat ini sudah hadir Kembali kejuaraan arung Jeram yang lebih bagus lagi, harapan kita kedepan, kejuaraan ini bertambah besar dan semoga suatu saat bisa menjadi tuan rumah di kejuaraan nasional dan internasional,” ujar Bupati Nikson didampingi Asisten II Marihot Simanjuntak, Kadispora Marco Panggabean

Untuk itu lanjut Bupati Nikson, ia memohon kepada FAJI pusat dan FAJI Sumut untuk bisa membuat agenda khusus menjadi sebuah agenda arung jeram Indonesia bahkan internasional. 

“Maka apabila ada persyaratan untuk itu saya akan mempersiapkan surat-surat yang mendukung hal tersebut, termasuk juga akan kita anggarkan di pembangunan jangka panjang, jangka menengah maupun jangka pendek yang bulan ini akan saya tandatangani.  Akan kita masukkan bahwa kegiatan arung jeram ini adalah bagian dari kalender nasional dan internasional” ujar Bupati menambahi.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Panitia, Feri Saputra Tanjung,  menyampaikan melaporkan bahwa perlombaan diikuti oleh 14 kategori team dengan 7 kategori R5 dan 7 kategori R6.

Dimana tim yang sudah terverifikasi terdaftar diantaranya Mr. RGS, JSI Putra, Belawan Maju, Faji Madina, Biawak Kalem Putra, Biawak Kalem Putri, FAJI Taput, FAJI Asahan dan Paddle Direction.

Selanjutnya Feri menyampaikan bahwa nomor lomba yang dipertandingkan dintaranya Sprint yaitu jenis lomba yang mempertandingkan kecepatan, Head to Head yaitu tim akan berpacu pada babak head to head secara simultan dengan system gugur.

Dan Down River Race yaitu jenis lomba arung jeram yang memperlombakan kecepatan tim mendayung pada jarak jauh.

Tim juri yang memimpin pertandingan berjumlah 20 orang, dan rescue atau tim penyelamat berjumlah 30 orang yang disebar di beberapa titik yang dianggap rawan. Seluruh kelayakan persiapan kegiatan sudah terverifikasi oleh FAJI Pusat, dan FAJI Provinsi. 

Turut hadir Tim Basarnas Danau Toba,  Ketua Panitia Feri Saputra Tanjung, Ketua FAJI Taput Frans Manalu, Steering Comitte Elfrin Hutabarat, KONI Taput Robin Simanjuntak, Ketua FAJI Sumut Elwin dan Ketua FAJI Pusat Ricardo Situmorang. *(darwin nainggolan)