Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

BNPB Serahkan Bantuan Stimulan Kepada Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Pasca bencana erupsi Gunung Semeru yang terjadi beberapa tahun lalu, BNPB melalui Direktorat Pemulihan dan Peningkatan Sosial, Ekonomi dan Sumber Daya Alam (Dit. PPSESDA) memberikan bantuan stimulan kepada kelompok masyarakat (Pokmas) binaan Pendampingan Ekonomi dan Kegiatan Pendampingan Pemulihan dan Peningkatan Produktivitas Sumber Daya Alam dan Lingkungan di Komplek Hunian Tetap (Huntap) Bumi Semeru Damai, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur Kamis, (19/10/2023).suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Lumajang| Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan stimulan kepada kelompok masyarakat (Pokmas) binaan Pendampingan Ekonomi dan Kegiatan Pendampingan Pemulihan dan Peningkatan Produktivitas Sumber Daya Alam dan Lingkungan di Komplek Hunian Tetap (Huntap) Bumi Semeru Damai, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis, (19/10/2023).

Direktur Pemulihan dan Peningkatan Sosial, Ekonomi dan Sumber Daya Alam, Eny Supartini, yang turut hadir menyatakan, kegiatan Pendampingan Ekonomi dan Pendampingan Pengelolaan Lingkungan merupakan kolaborasi Pentahelik bersama Universitas Airlangga.

 Telah terbentuk 2 Kelompok Masyarakat dalam kegiatan Pendampingan Ekonomi dengan fokus kegiatan peternakan domba.

Kemudian  1 Kelompok Kegiatan Pendampingan Pemulihan dan Peningkatan Produktivitas Sumber Daya Alam dan Lingkungan dengan fokus kegiatan pengelolaan air dan sampah.

“Stimulan ini diharapkan menjadi penguat dan motivasi agar masyarakat di Huntap dapat lebih sejahtera serta merawat stimulan dengan baik,” kata Eny.

Pada kesempatan yang sama, Umar Bashor selaku Anggota Komisi VIII DPR RI menungkapkan dengan diberikannya bantuan stimulan dapat membantu masyarakat yang ada di Bumi Semeru Damai yang terdampak Erupsi Gunung Semeru. 

”Terima kasih kepada BNPB dan tim pelaksana kegiatan pendampingan ekonomi dan pendampingan pemulihan dan peningkatan produktivitas sumber daya alam dan lingkungan yang telah memberikan bantuan stimulan sesuai kondisi masyarakat di Lumajang,” kata Umar.

Adapun bantuan stimulan yang diberikan kepada kelompok pendampingan ekonomi berupa bimbingan teknis, domba, mesin chopper rumput, mesin penggilingan untuk pakan ternak dan seragam. 

Sedangkan bantuan stimulan untuk kegiatan pendampingan pemulihan dan peningkatan produktivitas sumber daya alam dan lingkungan berupa bimbingan teknis, komposter hand rotary, mesin pencacah plastik, bor biopori, APD dan alat pendukung lainnya

Kegiatan dilanjutkan dengan meninjau langsung ke Kandang Komunal untuk menyaksikan langsung Domba dan pembuatan pakan ternak Domba yang dilanjutkan dengan peninjauan ke TPST yang berada di BSD, Lumajang *(desi)