Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Beautify Indonesia-Bank Mestika Gelar Sunatan Massal, 20% Peserta Berasal dari Umat Non Muslim

Dokter Penanggung Jawab Beautify Indonesia berbincang bersama perwakilan Bank Mestika saat kegiatan sunatan massal yang digelar di Beautify Indonesia, Minggu (29/10/2023).Sebanyak 130 anak ikut ambil bagian dalam kegiatan bakti sosial ini.suaratani.com-ika

SuaraTani.com – Medan| Kesadaran untuk sunat atau khitan ternyata tak hanya dimiliki laki-laki yang beragama muslim. Kini sunat justru juga diikuti anak-anak non muslim.

Hal ini terlihat dari jumlah umat non muslim yang mengikuti  kegiatan sunat massal yang digelar Beautify Indonesia bekerja sama dengan Bank Mestika, Minggu (29/10/2023).

Dokter Penanggung Jawab kegiatan, Dr. dr. Arya Tjipta,  Sp.B.P.R.E, Subsp.K.M(K), mengatakan, sunat disarankan untuk dilakukan dengan tujuan menjaga kesehatan, seperti menghindari terjadinya infeksi saluran kemih.

Karena itu kata Arya, dalam kegiatan sunatan massal yang digelar Beautify Indonesia dan Bank Mestika, pihaknya tak pernah membatasi dan memilih-milih agama tertentu karena demi kesehatan

"Semua agama boleh ikut sunatan massal, bahkan yang tak beragamapun bisa ikut dan tak masalah. Intinya tak ada pembatasan, tembok-temboknya kita runtuhin, jangan ada lagi membahas-bahas agama tertentu. Kesehatan itu untuk semuanya," kata Arya menegaskan.

Arya menambahkan, dalam melakukan sunatan massal ini, tim medis yang berasal dari mahasiswa Fakultas Kedokteran USU dan juga dokter bedah memilih proses secara konvensional atau dorsumsisi, namun untuk menghentikan pendarahannya pihaknya membawa cauter dan alat-alat tertentu.

"Jadi saat pulang, pasien minim bengkaknya. Benang-benang yang kita pakai juga premium yang dipakai untuk bedah plastik, jadi hasilnya akan jauh lebih baik," tambahnya

Pada kesempatan itu, Kepala Bagian (Kabag) Corporate Secretary Bank Mestika, Suharto Kurniawan, mengatakan, sunatan massal ini sebagai wujud kepedulian terhadap sesama. Khususnya anak muda pada masa tumbuhnya, sehingga memiliki kesehatan yang baik sejak dini.

“Ini merupakan kolaborasi ketiga yang terselenggara dengan Beautify dan  kedepannya direncanakan akan menjalin kerjasama untuk program bibir sumbing dan katarak,” kata Suharto didampingi Kepala Seksi Bagian Corporate Secretary PT Bank Mestika Dharma, Tbk, Doris Thianne.

Pada sunatan massal kali ini, sebanyak 130 anak yang mayoritas berasal dari Kota Medan ikut menjadi peserta dalam kegiatan yang digelar di Beautify Indonesia yang berada di Jalan Zainul Arifin Medan. *(ika)