Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Awal Pekan Perdagangan, Sektor Perbankan Jadi Beban Pergerakan IHSG

Grafik pergerakan kinerja emiten. Di perdagangan hari ini, IHSG tak mampu bergerak leluasa, dan akhirnya ditutup naik tipis 0,043% di level 6.891,46.suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Medan| Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini hanya ditutup naik tipis 0.043% di level 6.891,46. 

Kinerja IHSG terpantau tidak jauh berbeda dengan sejumlah bursa di kawasan Asia. IHSG pada perdagangan hari ini tidak mampu mempertahankan posisinya yang sempat bertahan di atas level psikologis 6.900 selama sesi perdagangan berlangsung.

Analis Keuangan Sumatra Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, penutupan kinerja IHSG pada hari ini menunjukan bahwa IHSG masih rawan mengalami tekanan. 

Kinerja IHSG terpantau mengalami tekanan yang cukup signifikan pada sesi perdagangan kedua jelang penutupan. 

Kinerja IHSG secara keseluruhan masih dihantui oleh ketidakpastian yang tengah menyelimuti pasar keuangan, dimana saham sektor perbankan menjadi beban bagi pergerakan IHSG pada perdagangan hari ini. 

Di sisi lain, indeks kepercayaan konsumen di tanah air yang baru dirilis merealisasikan angka yang lebih rendah dibandingkan dengan realisasi sebelumnya di level 121.7. 

“Situasi ini menunjukan bahwa optimisme konsumen dalam berbelanja mengalami penurunan,” ujar Gunawan Benjamin di Medan, Senin (9/10/2023).

Untuk kinerja mata uang rupiah disebutkan Gunawan kembali melemah di level 15.685 per dolar AS. Bahkan selama sesi perdagangan, mata uang rupiah sempat melemah hingga ke level 15.700 per dolar AS. 

Sejauh ini sejumlah indikator menunjukan bahwa kinerja pasar keuangan pada perdagangan besok belum mendapatkan sentimen yang bagus.

Bursa Eropa yang baru dibuka menunjukan bahwa kinerjanya bergerak sideways. Selanjutnya harga komoditas minyak mentah dunia juga bertahan di level yang sama.

“Indeks futures terpantau masih bergerak sideways, dan imbal hasil treasury AS juga tidak mengalami perubahan yang besar selama sesi perdagangan pada hari ini,” terangnya.

Sementara itu, harga emas pada perdagangan sore ini terpantau menguat. Harga emas ditransaksikan dikisaran level US$1.851 per ons troy. 

Penguatan harga emas dipicu oleh  memburuknya situasi geopolitik yang terjadi belakangan ini. Meski demikian penguatan harga emas diperkriakan akan sangat terbatas di pekan ini. 

Dikarenakan sejumlah data ekonomi yang akan dirilis menunjukan potensi tekanan pada harga emas itu sendiri. *(ika)