Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bupati Tapanuli Utara Resmi Buka Festival Lokal belajar.id 2023

Bupati Nikson Nababan saat memberikan sambutan saat membuka secara resmi Festival Lokal belajar.id 2023, Selasa (26/9/2023).suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Taput| Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan, membuka secara resmi Festival Lokal belajar.id 2023, di Aula Martua Kantor Bupati, Selasa  (26/9/2023). 

Turut hadir Kepala Cabang Dinas Wilayah IX Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara yang diwakili Ketua MKKS Tapanuli Utara sekaligus  Kepala Sekolah SMA N 1 Tarutung Belman Panjaitan.

Dalam arahan dan bimbingannya Bupati Nikson Nababan menyampaikan kebanggaan bagi  beliau selaku pribadi dan selaku Bupati Taput bisa hadir  dan bertatap muka langsung.

Sebagaimana diketahui, pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar, yang dikenal sebagai program digitalisasi sekolah yang dikembangkan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), terus menarik perhatian publik.

Pemerintah telah menyiapkan akun layanan pembelajaran elektronik melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan memberikan akses kepada pendidik, siswa, dan staf yang disebut  belajar. id. 

“Tujuannya dengan memanfaatkan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran satuan pendidikan dan meningkatkan konektivitas antar layanan pembelajaran,” kata Bupati Nikson.

Digitalisasi pendidikan disebutkan Bupati Nikson akan memungkinkan semua sekolah dan siswa dalam proses pembelajaran untuk memperoleh lebih banyak pengetahuan. 

Tentunya didukung dengan penyediaan kurikulum dan pelatihan yang tepat untuk    membantu siswa dan guru membentuk dunia masa depan.

Pemanfaatan teknologi digital dalam pendidikan didasarkan pada 4 pilar yang berbeda: keterlibatan siswa, pemberdayaan guru, optimalisasi proses, dan transformasi pembelajaran, semua didorong oleh upaya dasar lembaga pendidikan. 

"Dengan menyediakan program yang andal untuk dijalankan oleh sekolah. Memanfaatkan teknologi digital mendorong pembelajaran yang lebih efektif dengan meningkatkan akses ke pembelajaran yang hemat biaya, hemat waktu, dan terjangkau, serta meningkatkan keterlibatan siswa-guru khususnya di Kabupaten kita,” tambah Bupati.

Kolaborasi peran seluruh pihak dalam menyukseskan episode Merdeka Belajar sangat diperlukan sehingga semua siswa akan mengalami pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.  

“Untuk itu bagi kepala sekolah/ penyelenggara/guru-guru dari jenjang Paud sampai SMA agar mendapatkan pemahaman/ilmu yang lebih baik dan selalu terbarukan khususnya dalam memanfaatan akun pembelajaran,” tegasnya. 

Dalam laporannya, Kadis Pendidikan Taput, Bontor Hutasoit, menyampaikan pelaksanaan kegiatan Festival Lokal belajar.id di Kabupaten Tapanuli Utara tahun 2023 dilaksanakan secara blended dengan luring dan daring melalui Google Meet dan YouTube hal ini dilakukan agar bisa diikuti seluruh sekolah di Tapanuli Utara. 

Festival Lokal belajar.id merupakan serangkaian proses dalam ajang Daerah Jawara.id 2023. Penilaiannya dari 8 indikator  tingginya akun belajar,id maka 25 kabupaten/kota terpilih melaksanakan festival lokal belajar.id, salah satunya Kabupaten Tapanuli Utara.

“Maka maksud dari tujuan dari kegiatan tersebut adalah mengajak semua sekolah PAUD, SD, SMP, SMA, SMK untuk mengaktivasi semua akun belajar.id hinggal 100%,” kata Bontor.

Pada pelaksanaan festival ini juga dilakukan penyerahan sertifikat dari REFO kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara sebagai pelaksana Festival Lokal belajar.id yang diterima langsung oleh Bupati Nikson Nababan. *(darwin nainggolan)