Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pasar Ikan Arab Saudi Makin Menjanjikan

Nelayan menyusun ikan hasil tangkapan. Pasar ikan di Arab Saudi masih menjanjikan untuk produsen perikanan asal Indonesia.suaratani.com-ist

SuaraTani.com - Riyadh| Atase Perdagangan Riyadh memfasilitasi  produsen produk perikanan Indonesia dan importir Arab Saudi bertemmu untuk menjajaki peluang pasar di Arab Saudi.

Pertemuan yang digelar secara daring antara Sembada dari Indonesia dan Wadina dari Arab Saudi tersebut berlangsung pada Senin (12/6/2023).

Pertemuan daring tersebut mempertemukan Wakil Manajemen Sembada Kiki Galih Fatmiladengan Direktur Komersial Wadina Mohamed Azab.

Duta Besar RI di Riyadh Abdul Aziz Ahmad mengatakan, terobosan untuk mempertemukan pelaku usaha Indonesia dengan calon pembeli di Arab Saudi perlu terus ditingkatkan.

“Terlebih lagi, teknologi komunikasi saat ini memungkinkan pertemuan didunia maya. Frekuensi pertemuan harus terus dipacu dan ditingkatkan di dunia maya, seperti yang dilakukan Tim Ekonomi dan Perdagangan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Riyadh yang mempertemukan Sembada dengan Wadina,” ungkap Dubes Abdul.

Atase Perdagangan Riyadh, Gunawan menambahkan, Wadina meminta bantuan KBRI Riyadh untuk mendapatkan suplai ikan beku sebagai bagian dari ekspansi bisnis mereka.

Wadina berminat mengimpor produk filet ikan dari Sembada dalam berbagai ukuran.

Wadina pun mengajukan persyaratan agar produk-produk filet ikan tersebut harus sudah mendapatkan lisensi dari Saudi Food and Drug Authority (SFDA), baik secara produk maupun Unit Pengelolaan Ikan (UPI) dan mendapatkan kesepakatan harga yang kompetitif.

"Jika syarat tersebut dipenuhi, Wadina akan menaikkan secara bertahap jumlah impor produk perikanan dari Indonesia,” ungkap Gunawan.

Sembada merupakan perusahaan pengolahan produk ikan demersal beku, ikan pelagis, cephalopoda, udang, slipper lobster, dan udang.

Sembada mulai beroperasi sejak 2012, berlokasi di Sobontoro, Tambakboyo, Tuban, Jawa Timur.

Fokus bisnis utama Sembada adalah pengolahandan ekspor ikan beku ke pasar internasional.Dalam sebulan, Sembada mengekspor lebih dari 30 kontainer ke luar negeri.

Bahan baku olahan diambil dari nelayan tradisional dan modern dari Indonesia Barat hingga Indonesia Timur dan sekitar Laut Jawa.

Sementara  Wadina merupakan salah satu perusahaan makanan tepercaya di Arab Saudi yang bergerak dibidang impor, pemasaran, dan distribusi bahan makanan segar, beku, dingin, dan kering ke seluruh wilayah Arab Saudi.

Untuk mengembangkan dan ekspansi bisnis makanan, Wadina bekerja sama dengan pemasok yang kredibel.

Sebagian besar merupakan perusahaan multinasional dengan rekam jejak pasar global yang mapan.

Arab Saudi merupakan mitra dagang produk perikanan nomor 20 bagi Indonesia.

Berdasarkan data statistik perdagangan untuk ekspor produk perikanan (ikan dan udang), pada 2022 Indonesia mengekspor produk perikanan ke Arab Saudi sebesar US$1,01 jutadan pada 2021 sebesar US$932 ribu.

Sementara itu, Arab Saudi mengimpor produk perikanan dari dunia pada 2022 sebesar US$138,51 juta, pada 2021 sebesar US$374,12 juta, dan pada 2020 sebesar US$374,18 juta.

Artinya, pada 2022 Indonesia baru memasok 0,73% kebutuhan ikan di Arab Saudi.

Indonesia mempunyai potensi yang besar untuk meningkatkan ekspor produk perikanan ke Arab Saudi.

Negara pemasok ikan terbesar ke Arab Saudi pada 2021adalah Yaman(US$71,5 juta), Norwegia (US$64,16 juta),

Kemudian Persatuan Emirat Arab (US$43,13 juta), Myanmar (US$42,78 juta), India (US$26,17 juta), dan Oman (US$25,42 juta).

Pesaing dari negara ASEAN sebagai pemasok produk perikanan ke Arab Saudi adalah Vietnam (US$24,39 juta), Thailand (US$20,39 juta), dan Malaysia (US$6,44 juta). *(jasmin)