Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Satika Simamora Promosikan Produk UMKM Lokal Taput ke Ratusan Jurnalis

Ketua dekranasda  Satika simamora bersama ketua umum SMSI Firdaus berdialog dengan petenun ulos di Desa Huta Nagodang Kecamatan Muara, Sabtu (4/2/2023).suaratani.com-darwin nainggolan

SuaraTani.com – Taput| Ketua Dekranasda Tapanuli Utara (Taput), Satika Simamora, mempromosikan produk-produk UMKM Taput kepada para Pengurus Pusat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) yang diajak mengunjungi Desa Hutanagodang Muara dalam rangka 'Ekspedisi Geopark Kaldera Toba', Sabtu (4/2/2023).

Dalam sambutannya, Satika Simamora, menceritakan bahwa umumnya tenun ulos hanya dipakai untuk aktivitas adat dan budaya, bukan untuk fashion atau mode. 

Hal ini menyebabkan permintaan akan ulos tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan jumlah penenun yang mencapai 11.000 jiwa. 

Untuk meningkatkan kebutuhan akan ulos, Dekranasda mengajak petenun melakukan kreasi tenun ulos yang 'ready to wear'. 

Awalnya kebanyakan penenun menolak ide ini dan hanya penenun dari Desa Papande Kecamatan Muara yang bersedia untuk berpartisipasi. Setelah Desa Papande sukses, banyak penenun dari daerah lain menjadi terbuka dan ikut bergabung.

“Sekarang, kreasi tenun ulos dari Tapanuli Utara selalu memenangkan setiap perlombaan fashion di tingkat Nasional dan mayoritas penenun kewalahan untuk memenuhi pesanan pembeli," terang Satika Simamora yang 

Satika juga mengajak para pelaku UMKM di Taput untuk mencintai produknya masing-masing dengan cara memakai produknya, jangan hanya disimpan dan dijual. 

"Saya mengajak semua penenun dan pelaku UMKM serta masyarakat untuk bangga memakai produk masing-masing. Pakailah karyamu yang paling bagus, ini merupakan salah satu trik promosi yang efektif. Jika kita dengan bangga menggunakan kreasi kita masing-masing, produk kita akan 'martondi' dan akan menarik semakin banyak pembeli," tutup Satika Simamora. 

Usai paparan dan promosi produk UMKM, Satika Simamora kemudian memandu para peserta ekspedisi mengitari Pulau Sibandang, salah satu pulau yang berada di tengah Danau Toba.*(darwin nainggolan)