Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kemendag Dukung Penuh Fesyen Modest ke Pentas Dunia

Salah seorang peragawati memamerkan gaun karya perancang busana Indonesia di Kota New York, Amerika Serikat, Minggu (12/2/2023). Sebanyak 7 perancang busana asal Indonesia ikut ambil bagian dalam pagelaran New York Fashion Show.suaratani.com-ist 

SuaraTani.com – New York| Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendukung penuh fesyen modest  ke pentas dunia.    

Komitmen ini ditunjukkan dengan menghadiri kampanye jenama fesyen Buttonscarves di Times Square,  New York, Amerika Serikat, Minggu  (12/2/2023).  

Kampanye yang bertajuk "Hold Me Bag" ini menghadirkan instalasi raksasa berbentuk tas tangan wanita setinggi 5 meter dan lebar 8 meter.

“Kehadiran Kemendag di acara ini merupakan bentuk dukungan Pemerintah untuk mempromosikan fesyen modest Indonesia ke pasar dunia,” tegas Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi. 

Selain instalasi berbentuk tas, Buttonscarves juga menggelar berbagai acara seperti pagelaran fesyen skala kecil (mini fashion show) yang menampilkan 9 koleksi pakaian modest, peragaan cara penggunaan hijab, serta pertunjukan musik.  

Kegiatan fashion show ini merupakan tindak lanjut dari Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) pada  tahun lalu yang diselenggarakan untuk mempromosikan keunggulan produk fesyen modest Indonesia.   Terdapat 7 jenama yang akan melakukan fashion show di NYFW yakni Buttonscarves, KAMI, AM by  Anggiasari,  Ayu Dyah Andari  x BT Batik Trusmi, Zeta Privé, Lenny Hartono, dan Nada Puspita.

“Kami menyambut baik serta mendukung penuh kolaborasi dengan berbagai pihak dalam upaya inovatif  untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk dalam negeri ke pasar ekspor. Tentunya  upaya  promosi ini juga harus diimbangi pelaku usaha yang harus selalu melakukan pengembangan dan riset berdasarkan kompetensi sehingga mampu mencapai kualitas yang dicari oleh konsumen global," kata Didi.

Didi menjelaskan, pasar fesyen Indonesia pascapandemi semakin menggeliat. Berdasarkan data Kementerian Perdagangan tahun 2021, nilai ekspor pakaian  (HS  61 dan 62)  mencapai  US$8,5 miliar.  

Sementara itu, pada periode Januari—November 2022,  nilai ekspor produk tersebut mencapai US$8,8 miliar atau naik 16,8% dibandingkan periode yang sama pada 2021. 

5 negara tujuan utama ekspor pakaian Indonesia  terbesar tahun 2022, yaitu Amerika  Serikat, Jepang, Jerman, Kanada, dan Korea Selatan.

"Prospek yang baik ini ke depan menjadi peluang pengembangan dan peningkatan ekspor modestfashionIndonesia ke dunia," ujar Didi.

Sementara itu Creative Director Buttonscarves, Linda Anggrea, mengungkapkan, kampanye dengan menghadirkan instalasi ‘Hold Me Bag’ di tengah Times Square, New York, merupakan suatu pencapaian  dan  kebanggaan  tersendiri. 

"Kami berharap,  kegiatan #ButtonsarvesGoesGlobal ini dapat menambah brand awareness dan  memajukan industri modest  fashion tidak hanya di Indonesia, namun juga pasar global,” ujar Linda.

Selain pagelaran fesyen, sejumlah agenda yang akan dilakukan pada NYFW 2023 di antaranya Trade  Show -Pop Up Store "Indonesia  Brand" di Soho New York dan penjajakan kesepakatan dagang (business matching). *(jasmin)