Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Dukung Pendirian Universitas Negeri Umum, SMSI-Pemkab Taput Tandatangani MoU

Bupati Taput Nikson Nababan berfoto bersama ketua umum SMSI Firdaus didampingi Ketua SMSI Sumut Eris Napitupulu usai menandatangani MOU pendirian Universitas di Tapanuli Raya, di Hotel GNB Muara, Sabtu (4/2/2023).suaratani.com-darwin nainggolan

SuaraTani.com – Taput| Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan, bersama Ketua Umum Dewan Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Firdaus, melakukan penandatanganan MoU dukungan pendirian Universitas Negeri Umum di Kabupaten Taput, bertempat di Hotel GNB Muara, Sabtu (4/2/2023).

Penandatanganan MoU disaksikan Sekretaris Daerah Taput Indra S. H. Simaremare dan Staf Ahli Gubernur Sumut Binsar Situmorang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut  Staf Ahli Bupati Alexander Gultom, Kadis Komunikasi dan Informatika Hendrik Taruna, Kadis Pariwisata Sasma Situmorang, Kadis Koperasi UKM Perindag Gibson Siregar, Kasatpol PP Rudi Sitorus, beberapa Pimpinan Perangkat Daerah, beberapa Kepala Bagian Setdakab beserta Camat Muara Lindung Sianturi dan beberapa kepala desa se-Kecamatan Muara. 

Diketahui, kehadiran sekitar dua ratus jurnalis dari berbagai daerah di Indonesia yang tergabung dalam SMSI dalam kegiatan bertajuk Ekspedisi Geopark Kaldera Toba untuk merayakan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023. 

Ekspedisi yang diikuti para pimpinan SMSI dari seluruh provinsi di Indonesia ini bertujuan untuk mempertahankan predikat Geopark Kaldera Toba sebagai taman bumi warisan Ddnia sebagaimana ditetapkan UNESCO menyusul akan dilakukannya revalidasi pada 2024 mendatang. 

Ekspedisi dilakukan dengan mengeksplor potensi-potensi unggulan Sumut, hasil kerajinan Sumut, dan menjelajah objek-objek wisata di kawasan Danau Toba. 

Dalam arahannya, Bupati Nikson Nababan mengapresiasi Ekspedisi Geopark Kaldera Toba yang bertujuan  mengeksplorasi potensi unggulan kawasan Danau Toba.

Terutama di Kabupaten Tapanuli Utara memiliki tagline 'Membangun dari Desa: Desa Kuat, Kota Maju Indonesia Berdikari'. 

“Kita juga meningkatkan UMKM dan mendorong Desa sebagai produsen untuk kebutuhan masyarakat perkotaan. Untuk meningkatkan produksi Desa, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara melakukan lobi-lobi ke Pemerintah Pusat terkait pelepasan lahan hutan sehingga masyarakat dapat mengolah lahan tersebut," jelas Bupati Nikson Nababan. 

Bupati Nikson Nababan menambahkan bahwa terdapat banyak potensi di wilayah Tapanuli Raya yang dapat dikembangkan dengan mempermudah konektivitas dan meningkatkan kualitas SDM. 

"Wilayah Tapanuli Raya pada umumnya memiliki banyak sekali potensi yang lebih unggul dari daerah lain. Kita punya Danau Toba, pantai yang cantik di Sibolga, agroindustri di Karo, daerah pegunungan hingga ombak yang sangat bagus untuk berselancar di Nias. Konektivitas adalah kuncinya. Para pelancong dapat menikmati indahnya danau Toba, berjemur di pantai Sibolga kemudian berselancar di Nias tanpa menghabiskan waktu yang banyak dalam perjalanan," tambah Nikson Nababan. 

"Akan tetapi, semua itu harus dibarengi dengan kualitas sumber daya manusia (SDM). Masyarakat Tapanuli Raya pada umumnya mengekspor SDM yang berkualitas karena tidak adanya universitas umum negeri disini. Berdirinya Universitas Negeri Umum merupakan pemicu penuntasan kemiskinan di Tapanuli Raya karena hal ini dapat meningkatkan kualitas SDM, pariwisata, UMKM dan penyediaan lapangan pekerjaan di daerah Tapanuli Raya," tutup Bupati Nikson Nababan. 

Dalam sambutannya, Ketua Umum Dewan Pengurus SMSI, Firdaus, menyatakan dukungan terhadap program-program pembangunan Kabupaten Tapanuli Utara khususnya peningkatan UMKM dan Pembangunan Universitas Umum Negeri di Tapanuli Utara. 

"Kami menemukan hal-hal yang sangat berharga dalam ekspedisi ini. Kami mendukung dan akan ikut memperjuangkan berdirinya Universitas Umum Negeri di Tapanuli Utara, dan akan membantu Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dalam memberitakan pentingnya pendirian universitas umum negeri tersebut," kata Firdaus. 

Setelah penandatanganan MoU, Bupati Nikson Nababan beserta Ibu Ketua Dekranasda Satika Simamora menyerahkan cendera mata berupa Jaket Bomber, Ulos dan plakat yang merupakan produk UMKM Tapanuli Utara. *(darwin nainggolan)