Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bupati Taput Ajak Milenial Tetap Memegang Ideeologi Pancasila

Bupati Taput saat menjadi narasumber dalam seminar kebangsaan yang diinisiasi Gerakan Mahasiswa  Peduli Aset Sumatera Utara (PP Gempa SU) di Kotapinang, Jumat (17/2/2023).suaratani.com-ist 

SuaraTani.com – Taput| Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan, memenuhi undangan sebagai narasumber dalam Seminar Kebangsaan  yang diinisiasi Gerakan Mahasiswa  Peduli Aset Sumatera Utara (PP Gempa SU). 

Seminar yang digelar di Aula Jalur Tiga Jl. Perumnas Kecamatan Kotapinang, Jumat (17/2/2023) ini , guna menjaga eksistensi Pemuda Indonesia melalui nilai kebangsaan.

Melalui seminar bertajuk "Memperkokoh Persatuan Dengan Mendalami Ideologi Pancasila"ini, Bupati Nikson Nababan mengajak kaum milenial memegang ideologi Pancasila mengenai nilai kebangsaan. 

Bupati Nikson Nababan mengaku berbangga bisa diundang sebagai pemateri dan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.  

Nikson Nababan menjelaskan  Pancasila adalah pegangan hidup bangsa Indonesia, yang mempersatukan Sabang sampai Merauke. 

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa tantangan dan masalah Indonesia saat ini adalah masalah kemandirian bangsa. 

Hak semua masyarakat antara lain hak untuk memperoleh tanah, mengelola tanah, juga hak untuk terlibat dalam pengelolaan SDA, Bupati mengatakan .

"Sebagai generasi muda, mari kita jaga persatuan dan kesatuan, menjaga keutuhan bangsa ini tanpa memandang perbedaan suku agama bahkan status sosial. Mari kita berhenti dikotak kotakkan,  berhenti  di adu domba. Yang harus kita jaga sekarang adalah persatuan dan kesatuan dengan mengandalkan Iman kita kepada Yang Maha Kuasa, tidak ada cara lain lagi,” ujarnya.

Bupati  berpesan agar belajar dari para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dengan persatuan dan doa. 

Ia juga mengajak bersama-sama menjadikan Indonesia kembali menjadi macan Asia bahkan macan dunia.

“Dalam Pancasila tidak ada one man one show. Untuk mencapai tujuan bersama, kita harus musyawarah mufakat untuk menghindari konflik,” katanya.

Bupati Berharap  suatu saat para pemuda Gempa-SU harus jadi seorang pemimpin di negara Indonesia, tapi jangan lupa akan ideologi Pancasila yang  sudah diterapkannya  dalam kepemimpinannya di Tapanuli Utara.

"Keadilan Sosial sudah saya terapkan dalam menepati janji saya membangun Tapanuli Utara dimulai dari desa. Karena tagline saya adalah Desa Kuat Kota Maju Indonesia Mandiri dan Berdikari. Dana Desa saya naikkan dari 8 juta per desa menjadi 60 juta per desa,” terangnya.

Ia menjelaskan, pembangunan dimulai dari desa, karena desa adalah sumber produksi dan pusat pertumbuhan ekonomi. 

“Bagaimana raw material di desa itu kita buat jadi hilirisasi yaitu UMKM, Home Industry yang artinya rakyat menjadi Tuan di Negeri sendiri, kita harus bangga menggunakan produksi negeri sendiri. Untuk saya sudah membuka akses interkoneksi desa jalan dan jembatan serta pembukaan jalan. Karena infrastruktur adalah kunci perekonomian," tutur Bupati Nikson Nababan.

Turut hadir Ketua PC Gempa Labusel Yusherdiansyah Siregar, Ketua Pembina Gempa- SU Aidil Syahfitra dan Ketua Gempa Paluta Hasan Basri Harahap yang dalam seminar tersebut berperan sebagai moderator. *(darwin nainggolan)